• TAMPILAN SEMPURNA JIKA MENGGUNAKAN MOZILA FIREFOX...

    1.30.2009

    mengoperasikan software pengolah kata

    Mempersiapkan Software Pengolah Kata

    Karena software pengolah kata yang paling banyak digunakan saat ini adalah MS Word, maka sebagai contoh aplikasi kita akan menjelaskan langkah-langkah pengoperasian software tersebut. Dengan asumsi bahwa sebagian besar aplikasi yang sama juga memiliki fasilitas serta fitur-fitur yang sebagian besar sama dengan MS Word.

    Dalam lingkungan MS Windows kita bisa mengakses sebuah aplikasi yang sudah diinstal terlebih dahulu melalui lebih dari satu cara, antara lain:

    - Start > Programs baru masuk ke folder MS Office. Atau mungkin langsung dari Start > Programs > Microsoft Word.

    Menu dan Toolbar

    Menu menampilkan sekumpulan perintah. Beberapa di antaranya selain berupa teks juga memiliki gambar (image) yang menjadi simbolnya sehingga mudah mengasosiasikan keduanya.

    Sebagian besar menu terletak pada menu bar, sedangkan toolbar adalah sebuah baris memanjang yang bisa terdiri dari button (tombol), menu, atau kombinasi keduanya. Biasanya dapat diaktifkan atau dinonaktifkan melalui View > Toolbars


    Keyboard Shortcut

    Kunci shortcut berfungsi untuk mengakses perintah dengan menggunakan keyboard, yang sebagian besar mengacu pada layout keyboard U. S. Untuk sebagian pengguna yang sudah banyak mengetahui kombinasi kunci-kunci ini biasanya lebih senang bekerja tanpa menggunakan mouse. Karena akan banyak menghemat waktu dan mempercepat pekerjaan.

    Membuka Dokumen
    Dalam awal pengoperasian software apa saja kita dituntut untuk bisa membuka dan menutup dokumen, lalu membuat dokumen baru serta menyimpannya ke dalam berbagai format.

    Membuka Dokument

    Sebagai langkah pertama kita coba untuk mempraktekkan cara membuka file terlebih dahulu. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan:

    1. Klik File > Open

    2. Dengan keyboard shortcut Ctrl + O

    3. Dan klik pada icon


    Menutup Dokumen

    Setelah berhasil membuka sebuah file maka kita harus bisa menutupnya secara benar. Cara yang bisa ditempuh adalah sebagai berikut:

    1. Klik File > Close

    3. File > Close

    2. Dan klik pada icon yang terletak di sebelah kanan atas lembar kerja.

    0 komentar:

     
    . © 2009 wandhe